Tuesday, February 5, 2013

Bundaran Air Mancur Palembang

Palembang adalah Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan. Kota Palembang memiliki luas 102,47 Km². Tahukah kamu, ?  Dimana letak "0" KM.  kota Palembang atau dalam kata lain pusat kota Palembang. Ternyata titik Nol tersebut berpusat pada BUNDARAN AIR MANCUR. Jadi penghitungan jarak di hitung dari BAM seperti Terminal Bus KM 12, itu berarti jarak Terminal Bus dari BAM sekitar 12 KM. Begitu juga referensi jarak daerah KM 32, Timbangan, Kab. Ogan Ilir. Di Palembang sendiri, anda sudah pasti sering mendengar "penamaan" kawasan menggunakan KM. ataupun untuk kendaraan umum, semisal bus KM. 12 dan angkot KM 5.

Bundaran Air Mancur sudah terkenal pada dekade 1970an. BAM di bangun di antara tempat-tempat yang sangat bersejarah di kota Palembang, seperti Masjid Agung, Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA), Jembatan AMPERA (Amanat Penderitaan Rakyat), maupun Monumen Perang Lima Hari Lima Malam  (di samping Jembatan Ampera ). Selain  sebagai Patok "0" KM., Bundaran Air Mancur mempunyai daya tarik tersendiri, BAM adalah salah satu saksi bisu dari transaksi-transaksi perdagangan di Pasar Subuh di kawasan 16 Ilir sebelum pasar tersebut di pindahkan ke Pasar Induk Jakabaring. 

Kawasan Bundaran Air Mancur juga menjadi perhatian para mahasiswa untuk menyampaikan orasi, hal tersebut memang sangat wajar karena BAM adalah jalur pergerakan masyarakat baik untuk kepentingan ekonomi, politik dan akitivitas sehari-hari. Dengan begitu aspirasi-aspirasi yang disampaikan oleh para mahasiswa dapat terlihat oleh masyarakat.

Banyak cerita yang telah tersaji di Bundaran Air Mancur dan akan terus terjadi ...





 


No comments:

Post a Comment